anti bocor

 

Pelapis Anti Bocor – Sebuah pipa gas mengalami kebocoran di Perairan Banten pagi tadi. Kejadian bocornya pipa gas terjadi sekitar pukul 10.00 WIB di Laut Bojonegara, Serang, Banten.

Merespon hal hal yang demikian, Direktur Utama PT PLN (Persero) Sofyan Basir menyebut, tak ada situasi sulit listrik yang terjadi pengaruh kebocoran pipa gas hal yang demikian. Karena, adanya kebocoran pipa gas hal yang demikian segera diantisipasinya dengan menjalankan switching aliran gas dari saluran lainya.

“Telah kok, kan listriknya segera pindah. Sebab segera switching. Kan jalanannya banyak pemadamnya enggak ada,” ujarnya ketika dijumpai di Gedung DPR RI, Jakarta.

Sementara Direktur Perencanaan Koorporasi PLN Syofvi Roekman menyebut, kebocoran pipa gas yang terjadi di Banten membikin pihak terpaksa mengambil saluran dari pipa gas lainya. Karena, pengaruh kebocoran pipa gas hal yang demikian ada 1 unit pipa yang sengaja dinonaktifkan supaya tak memunculkan kebocoran lebih luas.

“PLTGU terpaksa mati 1 unit. Kita kan banyak. Kita ada reserve margin 30% gumamnya salah satunya buat seperti ini,” jelasnya.

Sebelumnya, Kepala Divisi Program dan Komunikasi Satuan Kerja Khusus Pelaksana Aktivitas Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Wisnu Prabawa Taher mengatakan, untuk sementara supplay gas bumi yang mengalirkan gas untuk keperluan listrik di Cilegon dihentikan sementara. Sudah hal yang demikian dilaksanakan untuk mencegah merembetnya kebocoran pada pipa gas hal yang demikian.

“Sekaligus terjadi kebocoran subsea gas pipeline 20″OD yg mengalirkan gas dari Pabelokan CNOOC ke Cilegon. supply gas yg semestinya 50 MMSCFD sementara dihentikan,” sebutnya.

Mengenai penyebab dari kebocoran hal yang demikian, Wisnu mengaku masih terus menjalankan investigasi di lapangan. juga dilaksanakan penanganan supaya kebocoran tak merembet ke tempat lain.

“Penyebab kebocoran masih under investigation. Upaya penanganan kebocoran sedang dilaksanakan,” sebutnya.

Artikel Terkait: Anti Bocor