pekerjaanMendapatkan tawaran kerja online memang mendatangkan kebahagiaan tersendiri, terutama untuk Anda yang fresh graduate dan baru menjelang dunia kerja. Rasanya tak tabah untuk mengawali kerja dan menjadi mandiri! Kami paham antusiasme Anda, namun saat dihadapkan dengan kontrak kerja, berhentu sebentar dahulu. Jangan buru-buru petunjuk tangan saja.

Sekiranya ada komponen atau penerapan bahasa yang tak Anda paham, jangan ragu untuk meminta bantuan pihak perusahaan untuk menjelaskannya pada Anda. Di penghujung hari, kontrak kerja fungsinya untuk melindungi kepentingan Anda dan perusahaan. Aspek-aspek apa saja yang perlu Anda berikan perhatian ekstra dikala membaca kontrak kerja?

1. Deskripsi dan Rinci Profesi

Anda mungkin merasa yakin bahwa peran sebagai manajer kaprah-kaprah sama saja di mana bahkan, tetapi jangan hingga variasi profesi yang tertera di kontrak berbeda jauh dengan yang dicantumkan di lamaran kerja. Tiap-tiap perusahaan punya keperluan dan tujuan berbeda. Pastikan supaya titel dan variasi profesi benar-benar layak dengan yang Anda harapkan saat melamar.

Kejelasan penuh kepada variasi profesi Anda juga nantinya bisa menjadi senjata andalan saat membicarakan soal kenaikan gaji. Pada dasarnya, Anda akan mendapatkan ekstra bila telah memberikan sesuatu yang ekstra, bukan? Sekiranya Anda nantinya sudah memberi kontribusi melebihi deskripsi profesi Anda, karenanya selayaknya Anda bahkan punya kualifikasi untuk mendapatkan penghargaan lebih.

2. Kompensasi

Pastikan apa yang ada di kontrak kerja Anda telah layak dengan yang ditawarkan, termasuk benefit yang sudah dibicarakan dikala Anda ditawarkan profesi, seperti asuransi, transportasi, akomodasi, atau pilihan saham. Kecuali itu, Anda juga perlu akurat membaca mengenai undang-undang pemberian THR dan bonus: kondisi apa saja yang memungkinkan Anda mendapatkan insentif dalam format bonus dan apakah menurut daya kerja kerja atau reguler sebagian waktu sekali.

3. Kehidupan di Luar Pekerjaan

Profesi memang bukan segalanya, tetapi kadang kala tuntutan kerja mendikte kehidupan di luar kantor. Untuk menghindari overlap berlebihan antara kehidupan kerja dan pribadi, cek undang-undang mengenai kerja lembur, cuti, dan hari libur supaya Anda yakin benar Anda akan berprofesi di bawah situasi yang manusiawi.

 

 

Ingin Punya Pekerjaan Sampingan Klik : Kerja Sampingan